Situs Dosen STKIP Siliwangi Bandung - Cynantia.R,S.Ds,Grad.Dipl.Journ.M.M.Pd

Artikel Umum

Artikel : “Mengatasi stress menurut Islam”

Dipublikasikan pada : 20 Agustus 2017. Kategori : .

Dalam situasi dan kondisi yang serba sulit seperti sekarang ini, stress cenderung menjadi bagian kehidupan sehari-hari. Ujian akhir, kondisi ekonomi sulit, banyak keinginan yang tak tercapai dan lain sebagainya.

Stress bagi anak muda juga identik dengan “galau”. Padahal stress dan galau jelas merupakan dua bagian yang berbeda. Namun terkadang, seolah nampak sama!.

Stress, bila tidak diatasi dengan baik dapat juga berakibat kurang baik. Secara gamblang, menyebabkan seseorang tersebut mudah naik darah dan tidak bisa diajak berkomunikasi dengan baik. Namun lebih parah, tentunya dapat menyebabkan gangguan kesehatan seperti sulit tidur hingga gangguan pencernaan.

Bagaimana mengatasi stress secara Islam ya? Berikut ini adalah beberapa tips-nya yang dikutip dari berbagai sumber:

1.Selalu mencoba untuk berpikiran positif

Bahkan pepatah orang Barat mengatakan,”Ketika Tuhan menutup pintu, maka Dia akan membuka jendela”. Karena itu, selalu berusaha untuk berpikiran positif saat menghadapi apapun.

2.Menjaga kesehatan

Banyak berolahraga dan sebisa mungkin hanya mengkonsumsi makanan yang halalan thayiban.

3.Banyak minum air putih

Banyak minum air putih, selain baik untuk kesehatan juga sesuatu yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah. Rasulullah SAW bersabda saat seseorang hendak marah, maka sebaiknya ia berwudhu.

4.Bersilaturahmi

Bertemu teman, sekadar mengobrol dengan keluarga atau meluangkan waktu sejenak dengan diri sendiri agar pikiran tidak terlalu terbebani adalah salah satu cara menghilangkan stress. Terlebih dalam Islam, shilaturahmi sangat dianjurkan dan menambah pahala.

5.Banyak mengingat Allah SWT

Melalui zikrullah, banyak membaca Al Quran hingga mendatangi pengajian. Dengan bersabar dan mengingat Allah SWT, maka niscaya rasa stress akan berkurang.

6.Memperbanyak humor

Allah SWT tidak melarang hambaNya untuk tertawa dan menikmati humor yang lucu. Dengan tertawa, maka beban yang berat akan terasa menjadi ringan !

7.Bersedekah

Terlalu banyak mencemaskan harta kekayaan juga akan menyebabkan seseorang menjadi stress. Terlalu banyak mengumpulkan harta juga berlebihan. Dengan bersedekah maka hati akan menjadi lapang dan belajar untuk iklas pada hal-hal materialistik.

8.Beristirahat

Seperti tercantum dalam Al Quran- Allah SWT menciptakan siang untuk bekerja dan malam hari untuk tidur. Karena itu bila memang merasa sudah mencapai titik jenuh dan bekerja sudah sangat keras, maka beristirahatlah untuk memperoleh tubuh dan jiwa yang lebih segar.

Karena itu pada intinya, segala sesuatunya kembalikanlah kepada Allah SWT. Karena segala sesuatu pasti akan ada ujung pangkal penyelesaiannya. Seperti tercantum dalam Al Baqarah ayat 45,”Dan carilah pertolongan dengan berlaku sabar dan mengerjakan shalat”. Karena demikian jauh lebih indah daripada bergulung dalam kesedihan dan kegundahgulanaan.

Wallahu’alam.

Ditulis oleh:

Cynantia.R,S.Ds,Grad.Dipl.Journ,M.M.Pd

Sumber:

http://tentangsemua.wordpress.com/2008/04/02/mengatasi-stress-cara-islam/trackback/

http://islam-itu-indah.blogspot.com/